Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

PEMBATIK LEVEL 1 TAHUN 2020 [STORY SHARING]

Published by Martina Kurniarum under on 16.04

 Assalamualaikum.. Selamat datang di blog saya..

Ini adalah postingan baru saya setelah mengaktifkan blog ini kembali. Blog ini sudah vakum sejak tahun 2012. Sekatang telah menginjak tahun 2020, lumayan lama ya, hehehe...

Langsung saja ya, teman-teman yang membaca cerita ini pastilah tengah mencari tau apa itu PembaTIK? atau sekedar ingin tahu pengalam saya di PembaTIK Level 1. Apasih PembaTIK itu? PembaTIK merupakan singkatan dari Pembelajaran Berbasis TIK. Saya akan menyapa teman-teman pembaca postingan mengenai PembaTIK dengan Sahabat Rumah Belajar ya, biar lebih dekat giitu, hehee.. Sahabat Rumah Belajar dapat mengunjungi laman berikut untuk mengetahui lebih jauh mengenai PembaTIK pada tahun 2020 ya  https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2020. Di laman tersebut memuat  penjelasan singkat mengenai PembaTIK, waktu pelaksanaan PembaTIK 2020, ilustrasi tahapan PembaTIK, manfaat mengikuti PembaTIK, tutorial mengikuti pembaTIK, syarat dan ketentuan mengikuti pembaTIK serta kontak pembaTIK.

Saya mengikuti diklat daring PembaTIK Level 1 pada Gelombang ke 3 yang dilaksanakan pada tanggal 17 April - 26 April 2020 dalam suasana negeri kita Indonesia tengah dilanda pandemi Virus Corona.  Sahabat Rumah Belajar bisa lihat detailnya sebagai berikut:


Ketiku itu PembaTIK Level 1 membuka sebanyak 30 peserta dengan maksimal kuota 1500 peserta setiap gelombang. Saya mendapat info mengenai PembaTIK Level 1 Tahun 2020 dari seorang teman yang mengirimkan link pendaftaran Pembatik Level 1 pada grup Whatapps. Saat itu saya hanya memiliki kesibukan mempersiapkan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di wilayah kerja saya. Saya merupakan guru baru, bahkan sangat baru. Saya menjadi guru dengan masa kerja satu setengah tahun, dimana satu tahunnya diisi dengan pendidikan dasar maupun pemberkasan. Ketika ada kesempatan untuk menambah ilmu dan menambah teman maka saya sangat bersemangat mengikutinya, maka sampailah saya menjadi peserta pembaTIK Level 1.

Diklat sepenuhnya berjalan dengan sistem dalam jaringan, jadi untuk teman-teman yang memiliki tempat kerja atau tempat tinggal harus ekstra memperjuangkan sinyal. Alhamdulillah untuk saya pribadi berada di daerah dengan fasilitas sinyal yang cukup, tetapi terkadang kurang, hampir tidak pernah lebih atau sangat baik. Level 1 disebut dengan level literasi, dimana Sahabat Rumah Belajar akan membaca materi-materi pada modul dan menyimak beberapa video paparan atau tutorial. Materi pelatihan pada Pembatik Level 1 meliputi:
1. Pengenalan Perangkat TIK Dasar
2. Internet untuk Pembelajaran
3. Internet Sehat, Bijak dan Aman
4. Aplikasi untuk Pembelajaran
Ujian berupa soal-soal pilihan ganda akan dilaksanakan 2 hari setelah proses pembelajaran daring selesai. Oh ya, untuk Sahabat Rumah Belajar yang sudah mengikuti PembaTIK Level 1 di tahun 2019 dan dinyatakan lulus, tidak perlu mengikutinya lagi pada tahun  2020 ya, nanti ketemu langsung di Level 2 Tahun 2020. 

Saya mengikuti proses pembelajaran pada PembaTIK Level 1 dengan pelan dan terkadang juga ngebut sesuai mood, karena diklat daring itu ya semau kamu, seenak kamu gitu. Bebas kapan saja mengerjakan di antara waktu yang telah ditentukan. Setelah mengikuti proses pembelajaran dan juga ujian akhirnya saya dinyatakan lulus dari Level 1 Pembatik tahun 2020.

Catatan penting yang perlu Sahabat Rumah Belajar ingat-ingat adalah untuk mengikuti diklat yang bersifat daring khususnya PembaTIK, sahabat harus disiplin waktu dan memiliki pengaturan waktu sendiri. Jika sahabat mengikuti PembaTIK, tidak akan ada yang akan mengingatkan waktu diklat dilaksanakan, waktu diklat diakhiri dan waktu ujian dilaksanakan. Saya menyarankan sahabat di sini semua untuk menghidupkan pengingat di ponsel atau menuliskan catatan kecil pada buku ataupun sticky note agar tidak merugi. Banyak dari sahabat saya yang lain gugur di Level 1 PembaTIK hanya karena lupa menyelesaikan pembelajaran sampai pada waktu pembelajaran berakhir atau melewatkan waktu ujian, sayang sekali ya. Semoga dengan membaca tulisan ini Sahabat Rumah Belajar di luar sana yang ingin mengikuti PembaTIK Level 1 di waktu nanti dapat mengambil manfaat dan tips-tips dari tulisan ini.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya PEMBATIK LEVEL 2 TAHUN 2020 [SHARING STORY]

wassalamulaikum...


0 komentar:

Posting Komentar