Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

Presentasi Ketiga Ekologi Tumbuhan

Published by Martina Kurniarum under on 10.24
Kelompok 5
Lingkungan Biotik dan Abiotik
Faktor Edafik Tanah, Topografi, serta Faktor Lingkungan Biotik dan Interaksinya


Kelompok ini membuat slide PPT dengan tata letak dan gambar yang bagus tetapi penggabungan warnanya kurang tepat.

Pertanyaan pertama yaitu bagaimana struktur tanah yang baik bagi lahan pertanian dan apa saja kandungannya. Pemateri menjawab bahwa tanah humus adalah tanah yang baik untuk pertanian namun ketika ada sanggahan dari salah satu peserta diskusi yang beranggapan bahwa tanah vulkaniklah yang paling bagus bagi pertanian, pemateri mengubah jawab menjadi tanah vulkanik menjadi tanah yang paling cocok bagi lahan pertanian. Pemateri tidak konsisten. Saya berpikir bukankah semua yang berhubungan dengan individu atau satu oraganisme jawabannya akan mengacu pada individu masing-masing. Sebelum saya sempat menanggapi, Pak Husamah selaku dosen Ekologi Tumbuhan mengoreksi jawaban yang kira-kira sama seperti apa yang saya pikirkan yaitu tanah yang baik bagi lahan pertanian adalah tanah yang sesuai dengan kriteria tanaman yang akan ditanam. Apabila yang ditanam adalah kaktus ya tanah berpasir dan keringlah yang cocok. Apabila ingin menanam padi maka tanah berlumpurlah yang paling cocok.

Pertanyaan kedua menanyakan apakah faktor yang membedakan berbagai jenis tanah. Pemateri menjawab bahwa hal yang mempengaruhi perbedaan jenis tanah adalah suhu, dan kelembapan kemudian ditambahkan oleh Pak Husamah yaitu tanah dipengaruhi berdasarkan sejarah dan komposisi tanah itu sendiri.

Pertanyaan ketiga menanyakan apakah unsur hara dapat berkurang atau hilang. Tentu saja bisa. Pak Husamah menjawab, tentu saja unsur hara pada tanah bisa berkurang oleh sebab itu para petani memberikan pupuk untuk tanaman agar unsur haranya tetap mencukupi kebutuhan tanaman.

Diskusi hari ini mendapat banyak tambahan oleh Bapak Husamah selaku dosen mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Materi yang disampaikan pemateri saya anggap kurang menarik, begitu pula pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.




0 komentar:

Posting Komentar