Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

KONSERVASI ATAU PEMUSNAHAN SATWA LANGKA?

Published by Martina Kurniarum under on 01.53


Sinekologi yaitu ekologi yang mempelajari kelompok organism yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi dalam dalam daerah tertentu.

Outekologi yaitu ekologi yang mempelajari suatu spesies organism atau organism secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya.
sumber : http://www.rhinoresourcecenter.com/pdf_files/177/1175862815.pdf
Isi artikel dalam link post ini menggambarkan salah satu contoh Sinekologi, dimana beberapa spesies satwa langka seperti Komodo dan Harimau Sumatera telah menjadi korban atas pemaksaan adaptasi dengan lingkungan kebun binatang. Dalam hal ini  sinekologi yang tercipta adalah sinekologi yang buruk karena satwa langka dipaksa beradaptasi dengan ligkungan yang asing dan sempit. Artikel di atas menjelaskan kesalahan dari sistem penangkaran atau konservasi secara ex situ yang salah pada kebun binatang di Indonesia. Satwa pada hakikatnya memerlukan habitat mencukupi kebutuhan makanannya dan dapat ditempati dengan leluasa. Namun, kebun binatang justru menawarkan sebaliknya yaitu ketersediann pangan yang tidak mencukupi dan tidak sesuai serta habitat yang sempit dan tidak sesuai pula. Penangkaran satwa yang bertujuan sebagai tempat mempercepat perkembangbiakan satwa dan konservasi yang bertujuan untuk melestarikan satwa seharusnya diterapkan secara in-situ agar satwa tersebut dapat dengan leluasa melakukan aktivitasnya.

0 komentar:

Posting Komentar